Beranda > SISTEM PERSINYALAN > sinyal mekanik

sinyal mekanik

Sistem Persinyalan Mekanik

Gambar 3 : Diagram Sistem Persinyalan Mekanik

Sistem persinyalan mekanik sampai saat ini merupakan sistem persinyalan dengan populasi terbanyak di Indonesia.Sekitar 70% lintas dan stasiun kereta api di Indonesia masih dilengkapi dengansistem persinyalan jenis ini.

Sistem ini tersebar diantaranya di wilayah regional Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan. Selain itu di Pulau Jawa juga terdapat stasiun yang masih dilengkapi persinyalan mekanik diantaranya pada lintas Bogor – Cianjur – Padalarang (jalur selatan),Gedebage – Tasikmalaya, Solo – Madiun -Kertosono, Solo – Semarang, Semarang – Surabaya (jalur utara), Kertosono – Blitar– Malang dan semua stasiun pada lintas Surabaya – Banyuwangi.

Secara garis besar sistem persinyalan mekanik terdiri dari :

1. Perangkat persinyalan dalam ruangan (indoor ) yang terdiri dari :

a. Meja/ lemari mistar.

b. Perangkat sistem blok.

2. Perangkat persinyalan luar ruangan (outdoor ) yang terdiri dari:

a. Perangkat sinyal mekanik.

b. Pemindah wesel mekanik.Meja mistar merupakan otak dari sistem persinyalan mekanik. Bagian ini berfungsi sebagai sistem interloking yang menjamin semua operasi sinyal yang Mengarahkan kereta untuk memasuki jalur yang sama tetap dalam kondisi saling mengunci (interlock). Sebagai gambaran, dengan system interloking mekanik ini tidak akan dimungkinkan tuas penggerak sinyal masuk dari kedua arah yang berlawanan digerakan secara bersamaan. Mistar yang terhubung dengan penguncian tuas dilengkapi dengan kait mekanik khusus yang tersusun menurut aturan yang dipersyaratkan interlocking table (tabel pengucilan) mekanik yang disesuaikan dengan layout stasiun. Di Indonesia meja mistar mekanik hanya digunakan pada sistem interloking mekanik Siemens & Halske (S&H). Sedangkan sistem yang lebih tua yang diproduksi oleh Alkmaar jauh lebih sederhana karena hanya dilengkapi dengan tuas penggerak sinyal, sedangkan perangkat pemindah posisi wesel harus dioperasikan secara langsung pada wesel yang bersangkutan (terlayan setempat). Sedangkan pada sistem S&H perangkat pemindah posisi wesel dapat digerakkan oleh tuas yang terdapat padameja/ lemari mistar (terlayan pusat).Pada gambar 4 terlihat meja mistar mekanik dengan perangkat sistem blok elektro mekanik di atasnya dan tuas penggerak sinyal serta tuas penggerak perangkat pemindah posisi wesel dibawahnya.

Gambar 4 : Interloking Mekanik

Pada sistem persinyalan mekanik,sistem blok yang biasa digunakan adalah sistem blok permisif, maka perangkat sistem blok harus terhubung dengan penguncian tuas penggerak sinyal berangkat dan berada dalam posisi terkunci pada kondisi normal. Dari data lapangan hanya system persinyalan mekanik S&H yang bias dilengkapi dengan perangkat blok. Sedangkan pada sistem persinyalan mekanik Alkmaar operasi blok hanya dilakukan melalui komunikasi suara antarPPKA (warta KA). Perangkat sistem blok suatu stasiun terhubung dengan sistem blok stasiun sebelahnya secara elektro-mekanik,maupun elektronik melalui kawat udaraterbuka, kabel tanah tertutup maupunjaringan kabel optik dengan penambahanantarmuka ( interface ) tertentu. Perangkat blok asli sistem persinyalan mekanik S&H menggunakan sistemelektro-mekanik. Permintaan maupun pemberian ijin dilakukan dengan cara memutar induktor sehingga menghasilkan listrik yang dialirkan ke perangkat blokstasiun sebelahnya melalui media kawat udara. Di stasiun tujuan, sinyal listrik yang diterima tersebut digunakan untuk menggerakkan perangkat solenoid yang terhubung dengan pasak pengunci tuas penggerak sinyal berangkat.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Komentar ya. .

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: